Selamat Datang di Sastra Santri, Tempat Renungan, Diskusi, dan Aktualisasi Seorang Santri

Foto

Bersama Mahasiswa Thailand saat Berkunjung di Kediaman Pramoedya Ananta Toer.

Foto

Jalan-Jalan di IPB Bogor.

Foto

Saat Mau Menyeberang ke Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.

Foto

Pertukaran Pelajar (Hungaria).

Foto

Jalan-Jalan Ke Kampung Inggris- Pare- Kediri- Jawa Timur.

Cara Mengatasi Banyaknya Email yang Masuk dari Facebook

Ketika bergabung ke situs komunitas biasanya bakalan membuat inbox email kita jadi penuh. Begitu juga pada facebook, tidak hanya mengirim email tetapi juga berfungsi sebagai halaman arahan untuk Pemberitahuan terbaru dan Updates. Dengan sangat cepat inbox email kita bakalan penuh, dan seringkali kita tidak ingin membacanya.
Segala aktifitas yang terkait dengan facebook bakalan dikirim ke email, jika kita tidak mau hal itu terjadi, lakukan pengaturan di settings facebook trus klik account settings, pilih notifications dan hilangkan tanda V pada daftar jika kamu ingin tidak ada pemberitahuan ke email kamu trus klik save.
Biar lebih jelas,ikuti saja instruksi berikut ini.
1.Login terlebih dahulu di facebook anda.
2.ke menu Pengaturan/Settings
3.pilih pengaturan akun/account setting
4.pada tap menu pilih pemberitahuan/notification
5.pada halaman tersebut anda bisa Klik kotak centang di bagian pengaturan,sehigga kita bisa memilih pemberitahuan apa saja yang seharusnya masuk inbox e-mail kita. Semoga bermanfaat.

Manifestasi Nilai-Nilai Saminisme sebagai Pencegah Gegar Budaya Akibat Eksploitasi Migas Blok Cepu

M. Badrus Siroj, 2009. Manifestasi Nilai-Nilai Saminisme sebagai Pencegah Gegar Budaya Akibat Eksploitasi Migas Blok Cepu. Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-8 tahun 2009. 20 halaman

Eksploitasi minyak bumi di wilayah Blok Cepu tidak hanya menimbulkan dampak positif, tetapi juga berdampak negatif. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah masalah sosial dan budaya masyarakat. Jika hal tersebut dibiarkan, maka akan terjadi perubahan sistem sosial yang berdampak pada perubahan budaya. Artinya, nilai-nilai dalam masyarakat akan bergeser. Apabila hal tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin akan menimbulkan gagar budaya dalam kehidupan masyarakat di kawasan Blok Cepu.

Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang diangkat dalam penulisan karya tulis ini yaitu: (1) bagaimana wujud gejala gegar budaya akibat eksploitasi migas di kawasan Blok Cepu dan (2) bagaimana peran manifestasi nilai-nilai Saminisme dalam mencegah terjadinya gegar budaya pada masyarakat di kawasan Blok Cepu. Telaah pustaka yang digunakan sebagai pijakan meliputi masyarakat Samin, kebudayaan, gegar budaya, manifestasi nilai-nilai Saminisme, dan eksploitasi migas Blok Cepu. Data dan sumber data yang digunakan dalam karya tulis ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara, sedangkan data sekunder meliputi buku-buku yang relevan dengan topik penulisan, karya ilmiah, artikel dari internet, dan hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan telaah pustaka.

Hasil pembahasan yang diperoleh yakni dengan adanya eksploitasi migas di kawasan Blok Cepu selain menimbulkan dampak positif juga menimbulkan dampat negatif, misalnya perubahan budaya masyarakat dan sistem sosial masyarakat yang dapat menimbulkan gegar budaya. Solusinya, manifestasi nilai-nilai Saminisme yang mulai luntur dapat diterapkan kembali sebagai pencegah terjadinya gegar budaya yang diakibatkan adanya eksploitasi minyak bumi di kawasan Blok Cepu. Dengan menerapkan ajaran-ajaran Saminisme, khususnya ajaran yang berkaitan dengan lingkungan dan kehidupan sosial, gegar budaya akibat ekploitasi migas di kawasan Blok Cepu dapat dicegah.

Berdasarkan hasil pembahasan, maka upaya yang dapat dilakukan antara lain (1) Masyarakat di kawasan Blok Cepu hendaknya mensikapi dengan positif terhadap eksploitasi minyak bumi yang dilaksanakan di wilayahnya serta menerapkan kembali ajaran-ajaran Saminisme yang sesuai dengan kehidupan sekarang agar tidak terjadi gegar budaya akibat adanya eksploitasi migas di kawasan Blok Cepu, (2) bagi pemerintah khususnya pemerintah kabupaten Blora dan Bojonegoro melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan Nasional diharapkan dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan serta melestarikan kebudayaan masyarakat Samin yang masih bisa diterapkan pada era sekarang agar tidak terjadi gegar budaya akibat eksploitasi minyak bumi di kawasan Blok Cepu

Kata kunci : manifestasi nilai-nilai saminisme, gegar budaya, eksploitasi migas blok cepu.

POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN SASTRA PESANTREN UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI WISATA RELIGI SEBAGAI INDUSTRI KREATIF

Sastra pesantren merupakan khazanah budaya yang berakar lama di Indonesia. Eksotisme pesantren dapat dilihat dari banyak sisi, baik lingkungan, pendidikan, pengajaran, manusia, bahkan dapat dilihat dari adat istiadatnya dan juga seninya. Kondisi tersebut memberikan pelbagai potensi yang perlu dioptimalkan. Salah satunya sebagai daya dukung wisata religi menuju industri kreatif yang mampu menopang perekonomian rakyat sekitarnya. Sejalan dengan kondisi saat ini pemberdayaan ekonomi kerakyatan merupakan keniscyaan di samping pelestarian nilai-nilai budaya lokal yang sebagian besar tubuh dan berkembang di lingkungan pondok. Untuk itu, untuk memberdayakan dan mengoptimalkan potensi daerah yang sebagian besar berbasis di lingungan pondok pesantren, kajian mengenai potensi dan strategi pengembangan sastra pesantren untuk mendukung industri wisata religi sebagai industri kreatif menjadi sangat relevan dan penting.

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menyusun potensi dan model strategi pengembangan sastra pesantren untuk mendukung industri wisata religi sebagai industri kreatif. Melalui kajian ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dalam mencintai dan melestarikan budaya lokal untuk dijual dengan tanpa menghilangkannya. Di samping itu, pemberdayaan budaya lokal melalui sastra pesantren dapat dilestarikan dan dikembangkan menjadi pariwisata lain yang memungkinkan menyedot banyak daya dukung kegiatan kepariwitaan lain dalam memajukan industri kreatif tersebut. Hingga pada akhirnya rakyat dapat mampu secara hidup mandiri sehingga hal ini dapat menoipak perokonomian nasional menjadi lebih baik dan stabil.

Untuk mencapai sasaran penelitian tersebut, maka pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan reseach and development (R& D), yaitu suatu penelitian yang ditindaklanjuti dengan pengembangan suatu model (model of) melalui siklus proses penelitian - aksi - refelksi- evaluasi - dan inovasi - dalam suatu rangkaian kegiatan yang sistematis. Model panduan dirumuskan secara kolaboratif antara peneliti, pakar ahli, masyarakat pondok pesaantren, dan instansi terkait (Dinas pariwisata) melalui FGD (focus group discussion).

Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah optimalisasi potensi dan strategi pengembangan sastra pesantren untuk mendukung industri wisata religi sebagai industri kreatif. Sastra pesantren ini dijadikan sebagai salah satu objek wisata religi yang mampu menghidupkan roda perekonomian rakyat melalui industri kreatif, serta munculnya berbagai kegiatan perekonomian lain yang bermanfaat pada tataran masyarakat bawah.

Cara Buka MMS Indosat

Tadi sore ada yang tanya, "Mas saya dapat mms dari indosat kok ga bisa dibuka ya Mas?".SMSnya suruh buka di https://mms/indosat.com/mms sudah saya coba berulang kali tapi tidak bisa. Caranya mudah kok, buka saja lewat internet explorer