Selamat Datang di Sastra Santri, Tempat Renungan, Diskusi, dan Aktualisasi Seorang Santri

POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN SASTRA PESANTREN UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI WISATA RELIGI SEBAGAI INDUSTRI KREATIF

Sastra pesantren merupakan khazanah budaya yang berakar lama di Indonesia. Eksotisme pesantren dapat dilihat dari banyak sisi, baik lingkungan, pendidikan, pengajaran, manusia, bahkan dapat dilihat dari adat istiadatnya dan juga seninya. Kondisi tersebut memberikan pelbagai potensi yang perlu dioptimalkan. Salah satunya sebagai daya dukung wisata religi menuju industri kreatif yang mampu menopang perekonomian rakyat sekitarnya. Sejalan dengan kondisi saat ini pemberdayaan ekonomi kerakyatan merupakan keniscyaan di samping pelestarian nilai-nilai budaya lokal yang sebagian besar tubuh dan berkembang di lingkungan pondok. Untuk itu, untuk memberdayakan dan mengoptimalkan potensi daerah yang sebagian besar berbasis di lingungan pondok pesantren, kajian mengenai potensi dan strategi pengembangan sastra pesantren untuk mendukung industri wisata religi sebagai industri kreatif menjadi sangat relevan dan penting.

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menyusun potensi dan model strategi pengembangan sastra pesantren untuk mendukung industri wisata religi sebagai industri kreatif. Melalui kajian ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dalam mencintai dan melestarikan budaya lokal untuk dijual dengan tanpa menghilangkannya. Di samping itu, pemberdayaan budaya lokal melalui sastra pesantren dapat dilestarikan dan dikembangkan menjadi pariwisata lain yang memungkinkan menyedot banyak daya dukung kegiatan kepariwitaan lain dalam memajukan industri kreatif tersebut. Hingga pada akhirnya rakyat dapat mampu secara hidup mandiri sehingga hal ini dapat menoipak perokonomian nasional menjadi lebih baik dan stabil.

Untuk mencapai sasaran penelitian tersebut, maka pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan reseach and development (R& D), yaitu suatu penelitian yang ditindaklanjuti dengan pengembangan suatu model (model of) melalui siklus proses penelitian - aksi - refelksi- evaluasi - dan inovasi - dalam suatu rangkaian kegiatan yang sistematis. Model panduan dirumuskan secara kolaboratif antara peneliti, pakar ahli, masyarakat pondok pesaantren, dan instansi terkait (Dinas pariwisata) melalui FGD (focus group discussion).

Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah optimalisasi potensi dan strategi pengembangan sastra pesantren untuk mendukung industri wisata religi sebagai industri kreatif. Sastra pesantren ini dijadikan sebagai salah satu objek wisata religi yang mampu menghidupkan roda perekonomian rakyat melalui industri kreatif, serta munculnya berbagai kegiatan perekonomian lain yang bermanfaat pada tataran masyarakat bawah.

0 komentar:

Poskan Komentar